Profile Sekolah (SMP IT Asy-Syadzili)

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU ASY-SYADZILI
SMP IT ASY-SYADZILI

Jl. Pa. Hj. Khodijah No. 99B Sumberpasir Pakis Malang 65154 Tlp. 0341-785680

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Asy-Syadzili atau lebih dikenal dengan SMP IT Asy-Syadzili merupakan salah satu SMP yang terletak di Kab. Malang tepatnya di Desa Sumberpasir Kec. Pakis. Mendapatkan izin operasional dari dinas pendidikan Kabupaten Malang pada tanggal 11 Juni 2011 dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN): 20577695 dan Nomor Statistik Sekolah (NSS): 202051825009. Nama SMP IT Asy-Syadzili disamakan dengan nama pondok pesantren Asy-Syadzili supaya selaras dengan tujuan pengasuh yakni memadukan pendidikan pesantren dengan pendidikan formal.

Pada tahun 2018 SMP IT Asy-Syadzili telah mengikuti akreditasi dengan predikat “B” dengan nilai 86. Kami sangat bersyukur karena setiap tahun tingkat kepercayaan masyarakat dalam menitipkan pendidikan putra dan putrinya di SMP IT Asy-Syadzili selalu mengalami peningkatan.

Melalui pendidikan sekolah yang dipadukan dengan pondok pesantren kami menawarkan program unggulan kepada peserta didik yaitu, hafalan Al-Qur’an 15 juz sampai dengan 30 Juz selama pendidikan tiga tahun. Program unggulan tersebut insyaallah akan dapat tercapai dengan baik, jika peserta didik mengikuti dengan sungguh-sungguh program hafalan Al-Qur’an yang telah ditentukan oleh pesantren. Alhamdulilah, secara berturut-turut lulusan SMP IT Asy-Syadzili banyak yang mampu menghatamkan hafalan Al-Qur’annya 30 juz dalam waktu tiga tahun.

Program hafalan Al-Qur’an di SMP IT Asy-Syadzili merupakan program unggulan yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik. Pertama kali peserta didik baru mengikuti tes baca Al-Qur’an, hal ini dilakukan untuk menentukan pengelompokan kelas sesuai dengan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an.

Tahapan peserta didik mendapatkan izin menghafal Al-Qur’an:

  1. Membaca Al-Qur’an secara binadhor (melihat) dengan baik
  2. Menghafal juz 30.
  3. Menghafal Al-Quran dimulai dari juz 1.

Tahapan peserta didik menyetorkan hafalan Al-Qur’an:

  1. Kafil membacakan ayat Al-Qur’an yang akan dihafalkan, peserta didik menyimak dan menirukan sampai bacaannya baik
  2. Peserta didik menghafal
  3. Peserta didik meminta simakkan hafalannya kepada kafil
  4. Peserta didik mengujikan/menyetorkan hafalannya kepada pengasuh pondok.