Pemantapan Pemahaman AKM dan Implikasinya dalam Pembelajaran di SMP IT Asy-Syadzili

Tema : “Partisipasi Guru dan Sekolah dalam menghadapi AKM 2021 dengan mengenal kemampuan Literasi, Numerasi, dan Survei Karakter”

  • Latar Belakang

Proses pendidikan adalah sebuah pintu pembuka untuk memasuki gerbang kemajuan kualitas sumber daya manusia sebuah bangsa. Pendidikan di Indonesia saat ini seperti seorang atlet pelari yang berlari mengejar ketertinggalan dari pelari-pelari yang lain. Dalam proses ini, banyak masalah pendidikan yang terjadi. Secara garis besar masalah pendidikan di Indonesia terletak pada tiga hal, yaitu input, proses, dan output. Siswa merupakan subyek penting dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Sedangkan guru adalah salah satu sumber belajar yang secara langsung berhadapan dengan siswa dalam proses tersebut. Dalam kaitan tersebut, maka guru perlu senantiasa melakukan up grading terus menerus termasuk dalam hal mendapatkan metode, pendekatan, atau cara yang tepat dalam pembelajaran guna. Terdapat banyak hal yang belum dipahami tenaga pendidik terkait kurikulum 2013, salah satunya adalah AKM. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis kebijakan terkait asesmen kompetensi minimum (AKM) yang akan digunakan mulai tahun 2021, oleh sebab itu sangat penting untuk melaksanakan pemantapan peahaman yang bertujuan untuk memantapkan pemahaman guru di SMP IT Asy Syadzili mengenai apa itu AKM dan bagaimana mengimplikasikan AKM kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran.

  • Maksud dan Tujuan

Secara terperinci maksud dan tujuan pelaksanaan” Kegiatan Pemantapan Pemahaman AKM dan Implikasinya dalam Pembelajaran di SMP IT Asy-Syadzili 2020/2021” adalah untuk memantapkan pemahaman guru di SMP IT Asy Syadzili mengenai apa itu AKM dan bagaimana mengimplikasikan AKM kepada siswa sehingga nantinya diperoleh hasil AKM yang memuaskan.

  • Hasil yang diharapkaan

Hasil (output) pelaksanaan pelatihaan yang diharapkan oleh peserta setelah Mengikuti pelatihaan yakni mampu menyusun persiapan, melaksanakan, dan menindak lanjuti program AKM yang akan dilaksanakan pada tahun 2021.

  • Manfaat

Adapun manfaat dari pelaksanaan pelatihaan ini bagi guru, guru akan lebih paham mengenai AKM yang akan dilaksanakan di jenjang kelas 8, serta mampu membimbing siswa untuk mengembangkan penalarannya. Manfaat yang kedua bagi siswa adalah mendapatkan layanan yang lebih baik dari guru dalam peningkatan kompetensi siswa. Manfaat yang ketiga untuk lembaga, meningkatnya mutu pendidikan di SMP IT Asy-Syadzili.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *