Usaha Tidak Pernah Membohongi Hasil

Usaha Tidak Pernah Membohongi Hasil

Hai Kawan, kali ini kita akan mewawancarai sahabat kita di Asy- Syadzili yang berprestasi di bidang tahfidz, sahabat Busyro. Nama lengkapnya Busyro Hadza Ghulam Al Kautsar.

            Sahabat santri kelahiran Cepu, Blora, Jawa Tengah ini telah menempuh pelajaran di PPSQ Asy-Syadzili selama 2 tahun lebih. Walau memang belum terlalu lama nyantri, sahabat kita ini mencapai predikat memuaskan. Ia telah menghafal sedikitnya 25 juz Al-Qur`an, hebat bukan?. Bukan hanya hafalan yang termasuk cepat, kelancarannya dalam mengingat ayat ayat Al-Qur`an juga patut diapresiasi.

            Menurutnya, menghafal Al-Qur`an itu awalnya memang terasa sulit. Tetapi karena kemantapan tekadnya dalam menghafal Al-Qur`an, itu semua terasa mudah.

            Berikut kutipan wawancara dari reporter kami,Izzul Bachri. Kepada Sahabat Kita, Busyro Hadza Ghulam Al Kautsar.

R(reporter)      : Bagaimana sih, cara mengahafal dengan cepat?

B(busyro)         : Pertama, saya baca Binadzor (dengan melihat mushaf)                                apa yang akan saya setorkan sampai bacaannya benar,kemudian mulai saya hafal ayat demi ayat sampai hafal   benar 1 halaman.

R                      : lalu, bagaimana menjaga hafalan yang sudah disetorkan agar tetap lancar?

B                      : Ya kita harus sering murojaah, sekalipun dengan melihat mushaf (binadzor)              maupun tanpa melihat mushaf (bilghoib)  Dan yang lebih baiknya, kita mengulangnya tiap hari   walaupun tidak mengulang semua apa yang telah kita hafal, setidaknya kita dapat mengulang sedikitnya seperempat juz tiap harinya.

            Naah… jadi, jika kita ingin menghafal Al-Qur`an dengan cepat, ada baiknya mengikuti tips dari sahabat kita, Busyro. Ia berpesan kepada kita supaya kita terus berusaha dengan sungguh-sungguh agar kita mendapat ridho dari orang tua kita, karena jika kita diridhoi orang tua berarti Allah SWT juga ridho kepada kita.

            Sekian wawancara dari kami, semoga menjadi pembantu kita dalam menghafal Al-Qur`an. Dan semoga kelak diangkat derajatnya di akhirat.

“Berusahalah dengan sungguh-sungguh, karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil”

(rep/Izul/asytly)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *